CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN LAPTOP

Laptop atau banyak yang bilang komputer jinjing gampang-gampang susah merawatnya, nah ini ada beberapa tips agar laptop selalu sehat baik hardware maupun softwarenya.

1. Yang harus diperhatikan dalam merawat laptop adalah bahwa laptop jangan sekali-kali kita samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk laptop kalau bisa jangan sampai dipake berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda, kalau desktop memang didesain digunakan berjam-jam kalau laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile atau tidak mengenal tempat untuk bekerja nah kalau ada komputer desktop mending gunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor.

2. Agar laptop awet pastikan laptop selalu pada kondisi yang aman dari panas, aliran udara yang bagus dikarenakan laptop sangat rentan terhadap debu dan panas, banyak masalah laptop yang terjadi dikarenakan masalah panas ini. Jangan gunakan laptop di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut dikarenakan permukaan yang lembut mengakibatkan ketika laptop diletakkan diatasnya akan menutup aliran udara pada bawah laptop sehingga laptop akan menjadi panas karena tidak ada aliran udara.

3. Agar batere awet untuk pemakaian yang lama dan kecendrungan listrik stabil tidak mati hidup lebih baik batere dilepaskan saja agar batere tidak diisi terus oleh listrik, dan jangan paksakan batere dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan laptop dimatikan atau segera dicharge jangan sampai nunggu mati sendiri karena keabisan batere. Kalau bisa ketika mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya laptop memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda.

4. Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD ini sudah terbukti pada saya LCD saya ada garis2nya kemungkinan karena kegencet tadi.

5. Gunakan software-software yang aman dari virus (gunakan linux🙂 ) agar kita tidak selalu dipusingkan dengan install ulang dikarenakan selalu kena virus🙂 . Atau selalu gunakan anti virus yang baik.

6. Jaga baik-baik master program bawaan dari laptop karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari seperti driver-driver laptop anda tersebut.

7. Sebelum membeli selalu lihat kebutuhan anda akan laptop dan sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan dan budget anda sehingga anda akan puas memakainya.

Disini Saya Juga Akan Memberikan Tips Cara Membersihkan Laptop Anda

1. Membersihkan Keyboard

Keyboard laptop merupakan bagian yang paling sering kotor. Entah itu dari minyak yang berminyak, remah-remah biskuit, abu rokok, maupun debu. Cara membersihkan cukup mudah, ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran. Namun, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner portabel yang banyak tersedia di toko-toko aksesoris komputer dan biasanya berkoneksi USB. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran. Harganya murah kok. Sekitar 50 ribu doank.

2. Mengelap Layar

Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, gunakanlah pembersih kaca. Semprotkan pada kain yang halus dahulu baru kemudian melapnya pada layar laptop. Karena jika langsung menyemprotkannya pada layar LCD (Liquid Crystal Display) maka akan membuat belang. Cara membersihkannya pun ada aturan. Bersihkanlah dengan satu arah, misalnya dari kiri ke kanan, atau dari atas ke bawah. Dan ingat, jangan menekannya terlalu keras.

3. Hindari Panas Matahari

Ingat, jangan meninggalkan notebook di dalam mobil, karena selain mengundang orang untuk mencurinya, mobil yang diparkir di bawah panas matahari akan meningkatkan suhu di dalam mobil dan dampaknya bisa merusak komponen-komponen laptop.

4. Menghindari Goresan

Jauhkan notebook dari benda-benda yang tajam. Usahakan menaruh lapisan pelindung berupa kain atau busa sebelum menutup laptop. Karena tombol keyboard yang keras, bisa merusak monitor si laptop. Dan jika ingin bepergian, sebaiknya gunakanlah tas khusus notebook. Karena tas ini biasanya didesain untuk keamanan notebook itu sendiri. Biasanya terdapat beberapa sekat yang dapat membuat aman notebook dari goresan dan tekanan.

5. Case Cemerlang

Tangan yang kotor dan berminyak bisa membuat case notebook tak secemerlang ketika kita membelinya dulu. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan deterjen tanpa zat alkalin yang dicampur dengan air. Atau kalau ga mau repot pakai aja pembersih multiguna yang biasa digunakan peranti elektronik. Dan biasanya isinya berupa busa. Semprotkan ke kain lap lembut, kemudian gosok secara perlahan permukaan case.

6. Hindari Medan Magnet

Demi keamanan data dalam laptop, sebaiknya hindarkan dari benda-benda yang mengandung medan magnet / elektromagnetik yang kuat dari sekitar laptop. Contoh peranti yang mengandung magnet kuat misalnya spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau bisa juga telepon selular (ponsel). Kalau Anda ingin mengakses internet menggunakan ponsel melalui infrared, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

7. Menyimpan Notebook

Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Letakkan silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: