KESIMPULAN DARI PELAJARAN SIM 1



kesimpulan mengenai apa yang anda pelajari dalam mata kuliah SIM 1

KESIMPULAN TUGAS 1 :

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI

Bahwa di dalamnya tercakup beberapa materi diantaranya tentang :

– Konsep keunggulan kompetitif dalam operasional perusahaan.
– strategic Uses of Information Technology.
– Membangun Customer Focused Bisnis.
– Value Chain & Strategic Informastion System.
– Re-engineering Bussiness Process.
– Menciptakan Virtual Company.
– Membangun Knowledge Creating Company.

dalam materi ini keterkaitan satu sama lain.

evolusi perkembangan teknologi informasi yang ada secara signifikan mempengaruhi persaingan antara perusahaan-perusahaan di dunia, khususnya yang bergerak di bidang jasa. Secara garis besar, ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi, yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga saat ini.

perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern. Ahli-ahli manajemen dan organisasi seperti Peter Drucker, Michael Hammer, Porter, sangat mewarnai pandangan manajemen terhadap teknologi informasi di era modern. Oleh karena itu dapat dimengerti, bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga), yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor-faktor budaya lokal atau setempat yang mempengaruhi behavior sumber daya manusianya. Sehingga tidaklah heran jika masih sering ditemui perusahaan dengan peralatan komputer yang tercanggih, namun masih dipergunakan sebagai alat-alat administratif yang notabene merupakan era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.

KESIMPULAN TUGAS 2 :

Apa yang anda ketahui tentang Sistem Informasi Manajemen?

definisi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) :

SISTEM ialah suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur-proseder yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi.

INFORMASI ialah data yang telah di proses atau diolah sehingga memiliki arti atau manfaat yang sama.

MANAJEMEN ialah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.

Tujuan Mempelajari SIM :

Memandang bahwa nilai dari informasi amatlah berharga, oleh karena itu harus dikelola dengan baik. Sebagai seorang wirausaha, staff manajemen, atau terlebih sebagai manejer, harus dapat menghargai dan mampu mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan atau usahanya

KESIMPULAN TUGAS 3 :

1.Jelaskan evolusi dari Computer Based Information System!
2.Jelaskan manfaat dan kendala yang dapat diantisipasi dari E-Commerce!
3.Jelaskan model yang digunakan dalam Model Sistem Umum Perusahaan!
4.Apa yang anda ketahui tentang konsep Management By Exception,jelaskan!

adalah suatu cara pengendalian untuk mempermudah dalam suatu penyampaian informasi.

kesimpulan dari CBIS

CBIS yang biasanya di tugaskan pada manajer memudahkan bagi para manajer untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Dengan berkembangnya CBIS manajer dapat merencanakan merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat didalamnya. Karena CBIS identik dengan organisme hidup yakni lahir, tumbuh, matang, berfungsi dan mati. Semakin berkembangnya CBIS semakin midah pula kerja manajer. Ada juga manfaat dan kendala yang dapat diantisipasi dari E-Commerce. Karena dimana ada manfaat yang diciptakan pasti ada juga kendala-kendala yang akan dihadapi.

manfaat,model sendiri itu sangat begitu berpengaruh terhadap suatu perusaan atau siatem yang digunakan.

konsepya sendiri itu tergantung dengan sistem apa yang akan digunakannya.

KESIMPULAN TUGAS 4 :

Keamanan dan Kontrol Sistem Informasi

Pengendalian dalam sistem adalah berdasarkan umpan balik yang dapat terbuka dan tertutup. Penyaring dapat digunakan untuk mengurangi persyaratan pengolahan dengan mengurangi masukan. Hukum variasi kebutuhan menjadi penting dalam merancang sisitem pengendalian karena menyatakan perlunya suatu metode yang mengadakan tanggapan pengendalian bagi setiap keadaan variabel terkendali.

Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan segala proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen. Sesuatu yang nyata atau pun setengah nyata dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai. Pada intinya keamana dan kontrol sistem informasi harus selalu bersifat aman dan terkontrol. Karena jika tidak para user akan resah apabila segala apa yang telah kita buat tidak aman. Selain itu harus penuh dengan kontrol yang baik pula sehingga bisa berjalan dengan sempurna.

artinya Pentingya adanya penendalian, Tugas pengendalian terhadap sistem Informasi itu sangat diperlukan agar tidak terjadinya ketumpang tindihan dari setiap informasi yang datang.

kontrol proses pengembangan,desain sistem dan pengoprasian sistem sendiri agar tidak terjadi kekeliruan dan pengaturanyaput agar tepat sasaran.

KESIMPULAN TUGAS 5 :

E-Commerce”
dengan sub bab pembahasan :
1. Perdagangan melalui jaringan elektronik :
– Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik.
– Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik.
– jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik.
2. Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik.
3. Sistem antar organisasi :
– Manfaat IOS (Intra Organizational system).
4. Pertukaran data elektronik (EDI) :
– Hubungan EDI yang umum.
– Standar EDI.
– Tingkat penerapan EDI.
– Manfaat EDI.

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer.

Jadi kesimpulan yang dapat saya tarik dari materi-materi ini adalah bertujuan untuk memahami konsep Sintem informasi memajement yang baik itu seperti apa. dan cara penggunaan sistem informasi manajement yang harus didahulukan itu apa, serta cara mengatasi sebuah masalah dan cara pengontrolan tindakanyapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: